Toyota Supra: Tampil Menawan Dari Generasi ke Generasi

Toyota Supra

Kehadiran Toyota Supra terbaru yang telah dirilis pada tahun 2019 lalu di Indonesia  merupakan menjadi hal yang sangat dinantikan oleh para pecinta otomotif, khususnya pecinta mobil sport. Toyota Supra generasi kelima ini hadir dengan berbagai pembaharuan, mulai dari tampilan hingga performanya yang jauh lebih memukau.

Sebelum kita membahas Toyota Supra terbaru ini, yuk kita kenali lebih dekat tentang generasi Toyota Supra yang kian menawan meskipun sudah hadir sejak tahun 1978.

Mengenal Generasi Toyota Supra

Toyota Supra

Jika kalian pecinta otomotif sejati, pastinya tidak akan asing lagi dengan mobil sport yang satu ini. Mobil yang digilai oleh para Speedfreak di seluruh dunia atau para pecinta otomotif yang menyukai kendaraan dengan kecepatan ini masih tetap mempertahankan kiprahnya dalam industri otomotif hingga saat ini loh.

Langsung saja yuk kita bedah mengenai Spesifikasi toyota supra dari generasi ke generasi yang makin memukau.

Generasi Pertama ( MK1 )

Pada awal kemunculannya pada tahun 1978, mobil ini hadir dalam keluarga Celica dengan nama Toyota Celica Supra atau lebih dikenal dengan MK I. Mobil ini pun hadir dengan tiga pilihan mesin yang menggunakan kode sasis A40, yaitu M-EU berkapasitas 1.998 cc, 4M-E berkapasitas 2.563 cc, dan 5M-E berkapasitas 2.759 cc.

Toyota Supra

Selain itu juga, mobil ini telah menggunakan konfigurasi enam silinder segaris loh. Dari awal kemunculannya saja, mobil ini sudah nampak memukau. Bagaimana dengan generasi selanjutnya?

Generasi Kedua ( MK2 )

Berselang empat tahun, tepatnya pada tahun 1982 generasi kedua ini pun mulai meramaikan industri otomotif. Mobil ini hadir menggunakan kode sasis A60 dengan menggunakan mesin bertenaga induksi berbekal 6 silinder dengan menggunakan mesin DOHC 5M-GE dengan kapasitas mesin hingga mencapai 2.579 cc dengan kecepatan maksimal 100 km/jam hanya dalam waktu singkat, yaitu 9,8 detik.

Toyota Supra

 Untuk tampilannya sendiri pun ada perubahan yang sangat jelas terlihat. Yaitu pada bagian lampu yang telah menggunakan model pop up. Pantas saja jika pada tahun 1979 silam mobil ini pernah meraih gelar pada US Grand Prix dan Britsh Saloon Car Championship yang merupakan ajang bergengsi dalam trek balap.

Generasi Ketiga ( MK3 )

Hanya berjarak tiga tahun yaitu pada tahun 1985, Toyota Supra mulai memisahkan diri dari keluarga Celica. Dikenal dengan nama Toyota Supra MA 70 atau MK3 ini hadir dengan berbekal mesin berkapasitas 3.000 cc dimana pada seri ini masih menggunakan mesin 6 silinder segaris DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 230 Hp disertai torsi 266 Nm.

Toyota Supra

Pada generasi ini, MK3 menerapkan Rear Wheel Drive ( RWD ) disertai dengan tampilan yang menggunakan pilihan Line-Up Gran Tourer Toyota yang lebih minimalis. Sama halnya dengan bagian mesin dan minor facelift yang kian mengalami perubahan dari generasi ke generasi.

Generasi Keempat ( MK4 )

Kalian penggemar film Hollywood Fast and Furios 7 atau pernah menonton film yang kepopulerannya ini cukup mendunia? Jika pernah menontonnya, pastinya kalian pernah melihat mobil yang dikendarai oleh paul walker yang berperan sebagai O’Connor dalam film tersebut. Itulah mobil Toyota Supra generasi keempat atau MK4. Mobil yang hadir sejak tahun 1993 ini menjadi mobil Toyota Supra yang kepopulerannya melebihi dari generasi sebelumnya.

Toyota Supra

Bukan hanya karena muncul dalam film layar lebar Hoolywood saja, akan tetapi jauh sebelum film ini dibuat, mobil ini telah berhasil meraih berbagai kemenangan di ajang arena balap bergengsi kelas dunia. Pantas saja jika Toyota MK 4 ini menjadi mobil yang cukup dikenang sepanjang masa. Berbicara mengenai spesifikasinya, sudah jelas pada generasi ini tersemat berbagai keunggulan. Terutama pada bagian mesinnya.

Toyota MK telah menggunakan mesin twin turbo dimana mesin tersebut dapat bekerja secara sequential. Untuk turbo pertama bekerja menggunakan mesin 2JZ- GE dengan tenaga 220 hp/5800 RPM. Sedangkan untuk turbo kedua, menggunakan mesin 2JZ-GTE dengan tenaga 276 hp dengan RPM yang lebih tinggi. Dalam generasi ini terdapat dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Toyota MK4 ini hadir dengan dua mesin, yaitu 2JZ-GE yang dapat memuntahkan tenaga 220 hp/5.800 rpm dan Twin Turbo 2JZ-GTE yang mampu memuntahkan tenaga 276 hp. Pengguna juga akan dimanjakan dengan dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 6 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan. Akan tetapi produksi dari mobil ini pun berakhir pada tahun 2002 dikarenakan adanya peraturan emisi gas buang yang berlebih pada mobil Toyota MK4.

Toyota GR Supra ( MK 5 )

Kehadiran mobil ini memang sangat dinantikan para pecinta otomotif. Pada tahun 2019 lalu, mobil ini hadir dengan segudang pembaharuan. Toyota GR Supra hadir dengan mengusung konsep driver oriented yang mengutamakan sisi kenyamanan pengguna. Sebagai mobil legendaris, mobil Toyota Supra generasi ini masih menggunakan penggerak roda bagian belakang. Akan ada tiga varian dalam MK5, yaitu kapasitas 3.000 cc 6 silinder  segaris Twin Scroll Turbocharger dan dua lainnya menggunakan 2.000 cc turbo.

Toyota Supra

Sebagai mobil legendaris yang berkelas, tentunya harga Toyota Supra memiliki harga yang cukup fantastis, namun sebanding dengan spesifikasi serta fitur kekinian yang diberikannya. Dibandrol dengan harga yang hampir mendekati 2 Milliar merupakan harga yang cukup standar untuk mobil berkelas sport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *