Sejarah Motor Kawasaki

Sejarah Motor Kawasaki

Asal usul Kawasaki kembali ke tahun 1878, ketika Shozo Kawasaki mendirikan Galangan Kapal Kawasaki Tsukiji di Tokyo. Delapan belas tahun kemudian, pada tahun 1896, didirikan sebagai Kawasaki Dockyard Co., Ltd.

Lahir di Kagoshima dari seorang pedagang kimono, Shozo Kawasaki menjadi pedagang pada usia 17 tahun di Nagasaki, satu-satunya tempat di Jepang yang kemudian terbuka ke Barat. Dia memulai bisnis pengiriman di Osaka pada usia 27, yang gagal ketika kapal kargonya tenggelam saat badai. Pada tahun 1869, ia bergabung dengan perusahaan yang menangani gula dari Ryukyu (sekarang Prefektur Okinawa), yang didirikan oleh seorang samurai Kagoshima, dan pada tahun 1893, meneliti gula Ryukyu dan rute laut ke Ryukyu atas permintaan Kementerian Keuangan. Pada tahun 1894, ia diangkat sebagai wakil presiden eksekutif Japan Mail Steam-Powered Shipping Company, dan berhasil membuka jalur laut ke Ryukyu dan mengangkut gula ke daratan Jepang.

Sejarah Motor Kawasaki

Kawasaki muncul dari abu Perang Dunia kedua untuk menjadi salah satu pemain besar dari Jepang. Pada akhir 60-an dan awal 70-an, Kawasaki membangun reputasi untuk beberapa mesin paling bertenaga di roda dua, melahirkan motor sport legendaris seperti seri Ninja dan jajaran sepeda off-road pemenang kejuaraan.

1896 : Perusahaan ini didirikan oleh Shozo Kawasaki. Perusahaannya akan dikenal sebagai Kawasaki Heavy Industries. Seiring waktu, bidang kegiatan utama perusahaan adalah pembuatan kapal, gerbong kereta api, dan pembangkit listrik. Sepeda motor akan menjadi bagian kecil dari konglomerat industri yang terdiversifikasi ini.

1960 : Kawasaki menandatangani perjanjian untuk mengambil alih sepeda motor Meguro, pemain utama dalam bisnis sbobet dalam manufaktur sepeda motor Jepang yang baru lahir. Meguro adalah satu-satunya perusahaan Jepang yang membuat sepeda 500cc. Di Inggris dan Inggris, Meguro 500 – yang memiliki kemiripan yang kuat dengan BSA A7 – diejek sebagai salinan murahan. Namun nyatanya, ini adalah sepeda yang cukup berkualitas tinggi.

1966 : 650W1 dirilis dan merupakan sepeda terbesar buatan Jepang pada saat itu. Ini terinspirasi oleh BSA A10. Selama beberapa tahun ke depan akan mendapatkan karbohidrat kembar, dan pipa tinggi untuk versi ‘pengacak’.

1969 : Dave Simmonds memberikan Kawasaki Kejuaraan Dunia pertamanya, di kelas 125cc
Kawasaki H1 (alias Mach III) yang mencolok 500cc tiga silinder dua-stroke dilepaskan. Meskipun penanganannya meninggalkan sesuatu yang diinginkan, motor ini sangat bertenaga untuk hari itu. Ini adalah salah satu sepeda produksi tercepat di seperempat mil. Mach III membangun reputasi Kawasaki di AS (Khususnya, ia membangun reputasi untuk sepeda motor yang kuat dan agak antisosial!) Pembalap produksi H1R yang luar biasa juga dirilis – sepeda balap 500cc.

Selama beberapa tahun ke depan, versi yang lebih besar dan lebih kecil dari H1, termasuk S1 (250cc) S2 (350cc) dan H2 (750cc) akan dirilis. Mereka sukses di pasar, dan pembalap produksi H2R 750cc juga sukses di trek balap, tapi Kawasaki tahu bahwa hari-hari streetbike dua tak akan segera berakhir.

Perusahaan berencana untuk merilis empat-stroke, tetapi dikejutkan dengan kedatangan Honda 750-Four. Kawasaki kembali ke papan gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post