Nissan Serena : 4 Generasi Yang Memukau Di Kelas High MPV

Nissan Serena

Sebagai mobil berkonsep keluarga, tentunya Nissan Serena menawarkan segudang fitur kenyamanan yang menjadikannya unggul dalam mobil kelas high MPV. Mobil yang hadir sejak tahun 1996 ini telah mampu memikat hati para penggunanya dari generasi ke generasi hingga saat ini.

Selain memiliki ukuran kabin yang terbilang cukup luas, Nissan Serena pun kerap hadir dengan membawa berbagai fitur modern dan berkelas untuk mengutamakan kenyamanan penggunanya. Untuk mengetahui bagaimana kiprah dari mobil ini, yuk kita ulas berbagai spsesifikasi Nissan Serena dari generasi pertama hingga generasi terbarunya berikut ini.

Generasi Pertama

Hadir di generasi awal, Nissan Serena C23 ini sudah mengusung berbagai kemewahan dari segi desain dimana tersemat berbagai fitur modern yang canggih didalamnya. Diantaranya adalah penggunaan sliding door, penggunaan jendela kaca elektrik, dan adanya seat belt dimana pada tahun tersebut penggunaan dari berbagai fitur ini terbilang amat langka.

Nissan Serena

Terlebih lagi dengan penggunaan RWD dimana penggerak roda belakang ini umumnya hanya dapat dijumpai pada mobil berkelas saja. Diseri pertamanya ini, Nissan Serena hadir dengan dua tipe, yaitu tipe GA16DE dan tipe SR20DE. Kedua tipe yang menggunakan kode ini memiliki arti dimana dua digit pertama adalah jenis mesin yang digunakan, dua digit kedua merupakan kapasitas mesin dan dua digit setelahnya merupakan kependekan dari mesin.

Tipe GA16DE ini berkapasitas 1.600 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan 120 dk tenaga disertai torsi 146 Nm/4.000 rpm dengan 4 percepatan dimana mesin yang digunakan adalah DOHC 16 katup. Untuk tipe SR20DE hadir berkapasitas 2.000 cc 4 silinder yang bisa memuntahkan 140 dk tenaga disertai torsi 184 Nm/4.000 RPM menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Kedua tipe ini juga disebut dengan C23 tipe SGL. Sedangkan untuk versi manualnya disebut dengan C23 tipe FGX dimana pada tipe ini telah menggunakan transmisi 5 percepatan.

Nissan Serena Tipe C24

Generasi yang hadir pada tahun 2004 ini hadir dengan tiga pilihan, yaitu Comfortable Touring, Highway Star, dan Highway Two Tone. Ketiga varian ini hadir dengan bobot yang sama dengan body side molding yang jelas terlihat pada eksteriornya. Ada berbagai perubahan dari generasi ini yang sangat terlihat jelas dari generasi sebelumnya. Seperti bentuk body, handle door, ukuran lampu yang lebih besar serta berbagai penampakan eksterior.

Nissan Serena

Untuk bagian interiornya, generasi ini menghadirkan berbagai pembaharuan yang lebih modern dan canggih, yaitu jok yang berbahan kulit, camera parkir, sliding door elektrik pada sisi kanan dan kiri mobil, dan penggunaan monitor pada bagian belakang head rest jok depan.

Nissan Serena C24 ini juga sudah menggunakan suspensi McPherson Strut with Stabilizer untuk bagian depan dan Independent Multi-link pada bagian belakang serta menggunakan ukuran pelek 15 inci yang akan menambah kenyamanan saat berkendara. Generasi ini berkapasitas mesin 2.000 cc dan 4 silinder DOHC bertenaga 147 dk menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan disertai torsi 198 Nm/4.000 rpm.

Nissan Serena Tipe C26

Hadir dengan ukuran body yang lebih besar, pastinya tampilan dari generasi ini terkesan gagah. Dengan mengusung tampilan yang sama dengan generasi sebelumnya, akan tetapi pada tipe C26 ini tersemat fitur modern, yaitu fitur panoramic roof. Jika pada seri sebelumnya handle door lebih berdampet, untuk versi terbarunya ini akan ada jarak pemisah antar keduanya hingga lebih presisi. Bukan hanya itu saja.

Nissan Serena

Pada generasi ini, Nissan Serena memperkaya fiturnya dengan hadirnya start/stop engine dimana fitur ini mampu menghidupkan mesin berkapasitas 1.997 cc yang mampu memuntahkan tenaga 147 dk disertai torsi 206 Nm dengan transmisi CVT.

Akan ada juga fitur lainnya seperti monitor ukuran 6 inci yang sudah hadir dengan layar sentuh yang terhubung dengan bluetooth, tilt dan telescopic pada bagian stir, tombol pengatur audio pada stir, dan penggunaan air bag.

Nissan Serena Tipe C27

Generasi yang hadir pada awal tahun 2019 ini disebut juga dengan Nissan Serena 2019 dimana generasi ini tampil lebih apik dan modern. Pada generasi ini, Nisan Serena menghadirkan 2 varian dimana varian ini tidak memakai kode, yaitu seri X dan seri Highway. Untuk tampilannya, Highway masih dengan bobot dan tampilan yang sama dengan C26.

Nissan Serena

Akan tetapi pada seri X ini hadir dengan body lebih ramping dari pendahulunya. Penggunaan head lamp dan fog lamp juga menambah keistimewahan dari eksterior kedua seri ini. Pada bagian depannya terdapat suspensi Independent Strut dan pada bagian belakang terdapat suspensi Torsion Beam.

Bukan hanya pintunya saja, akan tetapi kini spion pada mobil ini sudah menggunakan elektik juga loh. Untuk tampilan interiornya pun tak kalah memukaunya. Tersemat berbagai fitur hiburan yang menarik pula didalamnya, seperti fitur audio dan visual dengan layar sentuh 10 inci. Untuk tipe Highway, terdapat meja yang dapat dilipat untuk kursi baris kedua loh.

Untuk konsumsi BBM Nissan Serena terbilang irit loh dengan tersemat mesin MR20 berkapasitas 1.997 cc  bertenaga 148 dk disertai torsi 199 Nm dengan menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan. Harga Nissan Serena untuk generasi terbarunya ini dibandrol kisaran harga Rp 465 Juta. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?

Demikian ulasan mengenai 4 generasi Nissan Serena yang selalu saja tampil istimewah pada setiap generasi yang hadir dalam industri otomotif. Semoga ulasan ini menjawab pertanyaan kalian mengenai perbedaan Nissan Serena dari generasi pertama hingga saat ini sebagai mobil kelas High MPV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *